Kamis, 22 Juli 2010

GratisZ-Flash™: Teknik Animasi: Motion Guide

Motion guide adalah animasi motion tween yang bergerak mengikuti jalur (guide) yang telah kita buat. Teknik ini menurut saya sedikit sulit makadari itu coba anda berkonserntrasi agar teknik ini berhasil. Anda ikuti langkah langkah berikut ini.




Source image yang digunakan
Download image tweety.jpg diatas Klik disini Lalu klik kanan Save As.

Caranya sebagai berikut:
  1. Buka Program Flash anda.
  2. Import sebuah image tweety.jpg (Source bisa anda download diatas) ke dalam stage pada Layer 1, Frame 1 dan geser ke bagian kiri. 
  3. Caranya import image: Klik File >> Import >> Import to Stage dan geser image sedikit ke kiri. Sehingga seperti pada gambar dibawah ini:
  4. Kemudian klik image tweety.jpg dan tekan F8 kemudian pilih Movie Clip >> Ok dan pusat rotasi image pi;ih ditengah.
  5. Kemudian Klik Add Motion Guide. Caranya klik icon gambar yang dilingkari dibawah ini:
  6. Setelah itu buat sebuah KeyFrame baru di Frame 20, pada Layer 1  kemudian geser objek ke sebelah kanan, caranya Klik kanan di Frame 20, Layer 1 >> Insert KeyFrame. Dan buat Frame baru di frame 20,  pada Guide Layer, caranya klik kanan di Frame 20, pada Layer Guide >> Insert Frame. sehingga keseluruhan menjadi seperti ini:
  7. Aktifkan Pencil Tool (Y) Tarik sebuah garis A sampai garis B tepatnya pada Guide Layer, Frame 1.
  8. Kemudian pada Layer 1, Frame 1 tarik tweety.jpg ke titik A sehingga titik pusat transpormasi pas dititik A. Setelah itu pada Layer 1, Frame 20 tarik juga tweety.jpg ke titik B sehingga titik pusat transpormasi pas dititik B. Lihat gambar dibawah ini:
  9. Kemudian Klik kanan di tengah-tengah antara Frame 1 & Frame 20, Layer 1 Pilih Create Motion Tween. Sehingga seperti ini:
  10. Kemudian tekan CTRL+Enter untuk melihat hasil.
  11. Hasil seperti ini:

Source:
-Macromedia Flash 8 .fla

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Wew ah

Anonim mengatakan...

Wew ah

Posting Komentar